PT. KIMIA FARMA Tbk

Pemasaran Lini OGB

Kantor Pusat : Jl. Veteran 9 Jakarta Pusat

Representatif Jatim : Jl. Jemursari 41 Surabaya

Telp : +6281703330381

email : jaka_ogbjatim@yahoo.com

Selasa, 08 Juni 2010

Obat Cardiovascular

Obat kardiovaskular atau obat jantung dan pembuluh darah terbagi dari 16 golongan yaitu :

  1. Obat jantung
    Obat jantung biasanya digunakan untuk gagal jantung dan aritmia. Gagal Jantung adalah suatu keadaan yang serius, dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung) tidak mampu memenuhi kebutuhan normal tubuh akan oksigen dan zat-zat makanan.

  2. Obat antiangina
    Obat kardiovaskular golongan antiangina digunakan untuk permasalahan jantung yang berupa nyeri dada sementara atau suatu perasaan tertekan, yang terjadi jika otot jantung mengalami kekurangan oksigen yang sering disebut Angina (angina pektoris).

  3. Obat kardiovaskular golongan ACE inhibitor
    Obat kardiovaskular golongan ACE inhibitor, beta bloker, angiotensin II digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dan biasanya dikombinasi dengan diuretik. Untuk mengurangi penimbunan cairan yang akan menurunkan jumlah darah yang masuk ke jantung sehingga mengurangi beban kerja jantung.

  4. Obat kardiovaskular golongan beta bloker
  5. Obat kardiovaskular golongan antagonis kalsium
    Obat kardiovaskular golongan Antagonis kalsium digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dan biasanya dikombinasi dengan beta bloker.

  6. Obat kardiovaskular golongan antagonis angiotensin II & kombinasinya

  7. Obat tekanan darah tinggi/antihipertensi golongan lain
    Obat kardiovaskular golongan antihipertensi golongan lain biasa dalam bentuk kombinasi dari satu sediaan obat.

  8. Obat kardiovaskular golongan diuretik

  9. Obat kardiovaskular golongan vasodilator & aktivator serebral
    Obat vasodilator adalah obat yang digunakan untuk mengurangi vasokontriksi (tekanan pada pembuluh darah) yang sering terjadi penyakit jantung dan tekana darah tinggi

  10. Obat kardiovaskular golongan vasokontriktor
    Obat vasokontriksi mempunyai efek kebalikan dari obat vasodilator biasanya digunakan untuk penderita hipotensi (tekanan darah yang rendah).

  11. Obat migren
    Sakit Kepala Migren adalah nyeri berdenyut hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala tetapi kadang mengenai kedua sisi kepala. Migren terjadi jika arteri yang menuju ke otak menjadi sempit (konstriksi, mengkerut) dan kemudian melebar (dilatasi), yang akan mengaktifkan reseptor nyeri di dekatnya. Untuk mengatasi digunakan obat migren.

  12. Obat kardiovaskular golongan hemostatik
    Obat kardiovaskular golongan hemostatik digunakan untuk mengurangi atau menghentikan terjadinya pendarahan pada semua pembuluh darah di tubuh.

  13. Obat kardiovaskular golongan antikoagulan, trombolitik & fibrinolitik
    Obat kardiovaskular golongan antikoagulan, trombolitik & fibrinolitik digunakan untuk memperlancar peredaran darah dengan cara masing-masing. Antikoagulan berfungsi dengan cara menghambat pembentukan atau menghambat fungsi beberapa faktor pembekuan darah. Trombolitik melarutkan trombus yang sudah terbentuk, sedangkan fibrinolitik melarutkan fibrin yang sudah terbentuk pada proses pembekuan darah.

  14. Obat varises & preparat flebitis

  15. Obat kardiovaskular golongan hemorheologikal

  16. Obat hemotopoietik
    Obat kardiovaskular golongan hemotopoeitik digunakan pada penderita anemia karena gagal ginjal.

Untuk pemilihan obat kardiovaskular yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi kedokter spesialis jantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar